Sabtu, 21 Mei 2011

Tentara Israel Tembaki Pengunjuk Rasa di Gaza

Diposting pada Jum'at, 20-05-2011 | 21:12:56 WIB

Pasukan Israel melepaskan tembakan ke arah demonstran Palestina di perbatasan Jalur Gaza, melukai sejumlah demonstran anti-pendudukan.

Ratusan warga Palestina dan aktivis pro-Palestina melakukan pawai anti-Israel di dekat pagar perbatasan ketika penembakan terjadi.

Sedikitnya tiga demonstran terluka oleh tembakan dan banyak lainnya menderita iritasi akibat gas air mata, demikian laporan press tV pada hari Jumat.

Demonstrasi yang dinamai "Aksi Kemarahan dan Kembali ke Palestina," adalah bagian dari Nakba Day (Hari Bencana), menandai  63 tahun penjajahan Israel di Palestina.

Sebuah akun group facebook "Intifadah Ketiga Palestina"  sebelumnya meminta rakyat Palestina dan aktivis di semua negara sekitar tanah Palestina yang diduduki untuk bergabung dengan aksi protes setelah Shalat Jumat.

kelompok facenook tersebut juga meminta Mahmoud Abbas, kepala otoritas Palestina untuk bergabung.

Pada hari Minggu lalu, ribuan warga Palestina berkumpul di Tepi Barat yang diduduki Israel, Jalur Gaza, dan di perbatasan Israel dengan Lebanon dan Suriah untuk memperingati Hari Nakba.

Sedikitnya 10 orang meninggal dan lebih dari 110 lainnya luka-luka setelah tentara Israel menembaki ribuan pengungsi Palestina yang berunjuk rasa di sisi perbatasan Lebanon.

Di Dataran Tinggi Golan Suriah, setidaknya 12 pengunjuk rasa meninggal dan 30 lainnya luka-luka akibat kebengisan militer Israel.

Pasukan Israel juga menembak banyak orang Palestina sehingga menyebabkan sejumlah orang tewas dan terluka di Tepi Barat dan Gaza.

Pada tahun 1948, kedatangan tentara Israel telah mengusir ratusan ribu penduduk Palestina dari kampung halamannya untuk mengungsi di negara di sekitarnya. Mereka juga menghapus 500 desa dan kota Palestina dari Peta.

0 komentar:

Posting Komentar